Cara Download Safe Exam Browser untuk Tes Online BUMN 2024

Cara Download Safe Exam Browser untuk Tes Online BUMN 2024

Jakarta – Forum Human Capital Negara Indonesia (FHCI) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah terjadi mengumumkan hasil seleksi administrasi dan juga jadwal tes daring (online) pertama Rekrutmen Bersama BUMN 2024. 

Bagi kontestan yang tersebut lolos dianjurkan untuk mengikuti tes uji coba (trial) guna memverifikasi kelancaran kemudian memeriksa aplikasi mobile Safe Exam Browser (SEB). 

Trial test sangat disarankan untuk dihadiri oleh oleh seluruh kontestan yang lolos dikarenakan terdapat hal baru pada tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024, yaitu perangkat lunak Safe Exam Browser,” tulis akun Instagram @fhci.bumn, Selasa, 23 April 2024. 

Adapun Safe Exam Browser merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk melindungi keamanan dan juga integritas tes online. 

Perangkat itu akan meyakinkan bahwa ketika kontestan mengikuti ujian tiada dapat mengakses web atau aplikasi mobile lain, kecuali yang mana diizinkan oleh pengawas. Hal itu bertujuan untuk membantu menghindari peluang kecurangan selama ujian berlangsung. 

Cara Download Safe Exam Browser

“Pada Rekrutmen Bersama BUMN 2024, ada pembaharuan sistem pelaksanaan tes online, yaitu menggunakan SEB. SEB berfungsi sebagai pengawas supaya partisipan bisa saja fokus mengikuti ujian dengan tenang,” tulis akun Instagram @fhci.bumn. 

Berikut langkah-langkah mengunduh (download) Safe Exam Browser untuk tes online BUMN:

  1. Kunjungi laman https://safeexambrowser.org/download_en.html .
  2. Pilih SEB dengan versi terbaru sesuai sistem operasi perangkat yang dimaksud digunakan, baik Windows maupun macOS.
  3. Tekan tombol unduh berwarna biru dengan ikon tanda panah putih ke bawah.
  4. Jika telah terunduh, akan ada tombol hijau bertuliskan ‘Download’.
  5. Peserta dapat memeriksa folder unduhan, tak lama kemudian tekan aplikasi mobile Safe Exam Browser.
  6. Lakukan instalasi, berikutnya centang ‘Saya setuju dengan persyaratan serta ketentuan lisensi’.
  7. Tekan tombol ‘Install’.
  8. Tunggu tahapan pemasangan selesai dan juga muncul tulisan “Installation Successfully Completed”.
  9. Untuk menyadari tata cara instalasi lebih banyak lanjut, kontestan dapat mengamati video tutorial yang tersebut disediakan oleh FHCI BUMN melalui tautan (link) bit.ly/videotutorialseb.
  10. Catat kata sandi masuk juga pergi dari Safe Exam Browser, juga tes online di kertas atau sticky notes sebelum penyelenggaraan ujian. 

Hal-hal yang dimaksud Perlu Diperhatikan ketika Instalasi Safe Exam Browser

Sebagai informasi, terdapat beberapa ketentuan spesifikasi perangkat keras elektronik yang dimaksud dapat digunakan untuk mengikuti tes online Rekrutmen Bersama BUMN 2024, yaitu:

–        Desktop/PC atau laptop.

–        Prosesor Core i3 atau setara.

–        RAM 4 GB kemudian HDD 500 GB.

–        Sistem operasi Windows, LinuxOS, Linux, atau Mac versi terbaru.

–        Dilengkapi dengan perangkat kamera, audio, kemudian mikrofon.

–        Peramban (browser) versi terbaru Chrome minimal 200.

–        Sudah memasang Safe Exam Browser. 

Selain itu, Safe Exam Browser tidaklah dapat digunakan apabila terdapat perangkat lunak Chrome Remote Desktop. Oleh akibat itu, perangkat lunak Chrome Remote Desktop harus dihapus terlebih dahulu sebelum tes online. 

Safe Exam Browser juga bukan dapat diakses pada waktu program Zoom aktif. Oleh sebab itu, program Zoom wajib dimatikan selama ujian berlangsung. 

Saat pelaksanaan ujian Rekrutmen Bersama BUMN 2024, Safe Exam Browser yang tersebut bergerak tidaklah dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat keras ke layar lain, seperti televisi, proyektor, HDMI, kemudian lain-lain, lantaran layar secara otomatis terkunci juga bukan dapat kembali ke halaman tes. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Artikel ini disadur dari Cara Download Safe Exam Browser untuk Tes Online BUMN 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *