BMKG Peringatkan Potensial Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Unit di dalam Perairan Sumatera, Jawa juga Bali

BMKG Peringatkan Berpotensi Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Unit di di Perairan Sumatera, Jawa juga Bali

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi juga Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan serius dini gelombang besar yang tersebut berisiko berjalan pada beberapa wilayah perairan pada 25 – 26 April 2024. Prakirawan BMKG, Marina Ayu Sulastri mengutarakan pola angin pada wilayah Nusantara bagian utara umumnya melakukan aksi dari Timur Laut – Timur dengan kecepatan angin berkisar 4 – 20 knot, sedangkan di dalam wilayah Indonesi bagian selatan umumnya melakukan pergerakan dari Timur – Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6 – 25 knot. “Kecepatan angin tertinggi terpantau dalam Laut Arafuru Selatan Merauke,” kata Marina di keterangan tertulisnya, Kamis, 25 April 2024. 

Menurut Marina, kecepatan angin yang dimaksud menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 – 2,5 meter berpeluang berlangsung di dalam perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Pulau Simeulue – Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano, perairan Bengkulu – barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sunda bagian barat juga selatan, perairan selatan Pulau Jawa – Pulau Sumba, Selat Bali – Badung – Lombok bagian selatan, Selat Alas – Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Samudra Hindia Selatan Banten – NTT, Laut Sulawesi bagian timur, Laut Arafuru. “Potensi gelombang membesar pada beberapa wilayah yang disebutkan dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran,” ucapnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, khususnya bagi komunitas yang dimaksud beraktivitas atau menggunakan moda transportasi laut. Konsumen perahu harus waspada pada waktu kecepatan angin lebih tinggi dari 15 knot juga lebih tinggi gelombang di berhadapan dengan 1.25 m, kapal tongkang ketika kecepatan angin tambahan dari 16 knot lalu besar gelombang dalam berhadapan dengan 1.5 m, kapal ferry ketika kecepatan angin tambahan dari 21 knot dan juga tinggi gelombang dalam berhadapan dengan 2,5 m, juga kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar ketika kecepatan angin lebih besar dari 27 knot juga tinggi gelombang di dalam menghadapi 4,0 m. 

Artikel ini disadur dari BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Perairan Sumatera, Jawa dan Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *