Komponen Mobil Apa Saja yang tersebut Harus Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran?

Komponen Mobil Apa Saja yang tersebut yang disebutkan Harus Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran?

Jakarta – Libur Lebaran telah dilakukan berakhir. Bagi penduduk yang tersebut melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil , ada baiknya melakukan pemeriksaan setelahnya perjalanan untuk memverifikasi peforma mobil permanen prima.

Dikutip dari laman Auto2000, berikut beberapa komponen mobil yang mana sebaiknya kembali diperiksa pasca digunakan selama perjalanan mudik.

1. Ban mobil

Karena komponen ini bersinggungan segera dengan beraneka keadaan jalan yang dimaksud dinamis juga muatan maksimal yang tersebut menyebabkan ban bekerja lebih banyak ekstra. Pastikan tidak ada ada kehancuran pada telapak ban, bersihkan kerikil yang digunakan menempel, juga perhatikan tanda keausan ban. Perhatikan pula situasi dinding ban kemudian pastikan tak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

2. Kolong mobil

Bersihkan kolong mobil dari kotoran juga periksa komponennya, termasuk shock absorder, karet penyangga, juga selang rem. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kampas rem cakram serta dinding tromol rem. Periksa pula kondisi minyak rem, besar minyak rem tidak ada boleh berkurang, tidak ada ada inovasi warna, juga bukan ada kotoran atau endapan lumpur di dalam pada tabung penyimpanannya.

3. Oli mesin

Cek oli mesin tidak ada kurang serta tidak ada ada pembaharuan warna yang dimaksud menandakan adanya masalah, seperti warna cokelat susu yang digunakan menunjukan pelumas tercampur air. Oli merupakan cairan yang dimaksud dibutuhkkan sebagai pelumas antar komponen menggerakkan pada mesin lalu sistem penggerak lainya.

4. Radiator

Pastikan air radiator penuh serta periksa apakah ada kebocoran pada selang dan juga rumah radiator. Selain itu, periksa juga cairan kendaraan lainnya, seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, kemudian minyak power steering hidrolis. Pastikan volumenya tak berkurang juga sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

5. Panel instrumen mobil

Periksa juga indikator pada panel instrumen mobil. Cukup memutar kunci kontak pada ON kemudian lihat indikator ke panel instrumen. Jika tak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada pengumuman aneh, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel.

6. Kabin mobil

Gunakan vacum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet lalu bersihkan seluruh area kabin , satu di antaranya rongga juga celah kolong kabin untuk menegaskan tidaklah ada kotoran yang tertinggal.

ANTARA

Berencana Mudik Pakai Mobil? Cek Dulu 11 Komponen Ini adalah agar Aman

Artikel ini disadur dari Komponen Mobil Apa Saja yang Harus Diperiksa Setelah Digunakan Mudik Lebaran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *