Pedagang Teriak Harga Bawang Merah ‘Meledak’, Tembus Rupiah 80.000/Kg

Pedagang Teriak Harga Bawang Merah ‘Meledak’, Tembus Rupiah 80.000/Kg

Jakarta – Harga bawang merah terpantau menggerakkan naik. Bahkan, pada wilayah pangsa di dalam DKI Ibukota harganya tembus mencapai Rp80.000 per kg.

Dari pantauan CNBC Nusantara pada dua bursa tradisional di wilayah DKI Jakarta Pusat, Pasar Gandaria serta Pasar Gondangdia pagi hari ini, Awal Minggu (22/4/2024), tarif bawang merah serempak berada dalam level Rp80.000 per kg.

Berdasarkan penuturan para peniaga di kedua bursa tersebut, biaya bawang merah mulai berpindah naik secara bertahap dari 10 hari menjauhi Lebaran Idul Fitri.

“Hari ini bawang merah masih pada nilai tukar Rp80.000 per kg. Mulai naik dari sebelum Lebaran, kalau nggak salah naiknya 10 hari sebelum Lebaran. Ini adalah kalau kemarin-kemarin naiknya bertahap, sekarang bertahan di dalam Rp80.000, belum ada turun-turun yang dimaksud khusus eceran,” kata Asep salah individu penjual di dalam Pasar Gandaria, Ibukota Indonesia Pusat.

Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Foto: Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Bawang Merah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Pedagang lainnya, yang tersebut akrab disapa Kus, mengaku berjualan tarif bawang merah di biaya Rp80.000 per kg. Meski sejumlah mendapatkan membantah dari para langganannya, Kus menyampaikan para pelanggannya permanen membeli bawang merah dengan biaya membesar tersebut.

“Harga bawang merah saya jualnya Rp80.000 (per kg), banyak yang mana berunjuk rasa sih, tapi yaudah merekan masih beli juga,” ujar Kus.

Kus mengumumkan nilai bawang merah Rp80.000 per kg rata hampir di dalam semua pangsa tradisional dalam DKI Jakarta. “Harga bawang merah rata semua sih ini kayaknya di pasar-pasar di Jakarta. Memang segini pasarannya, dikarenakan semua pada mana-mana juga segitu,” tukasnya.

Sementara untuk nilai tukar bawang putih, menurut penuturan penjual pada Pasar Gondangdia, Rosidi, nilai bawang putih hari ini berada di level Rp45.000 per kg. Ia menyampaikan tarif itu stabil lebih tinggi sejak momen Lebaran Idul Fitri, tidaklah berlangsung kenaikan maupun penurunan harga.

“Bawang putih Rp45.000 per kg, belum ada naik atau turun lagi dari Lebaran kemarin,” ungkap Rosidi.

Sedangkan Asep, tukang jualan dalam Pasar Gandaria menyatakan harga jual bawang putih ketika ini masih simpang siur, sehingga berbagai agen distributor bawang putih yang digunakan enggan memasok salah satu komoditas bumbu dapur tersebut. Asep mengaku memasarkan tarif bawang putih hari ini di level Rp60.000 per kg.

“Ini masih simpang siur tarif sekarang, soalnya sekarang masih mampu jual Rp60.000 (per kg), nggak tahu kalau besok. Soalnya semalam cuma saya mau belanja di agen katanya lagi kosong barangnya (bawang putih). Mereka gak berani nyetok, soalnya lagi goncang harganya,” pungkasnya.

Artikel Selanjutnya Jelang Tahun Baru, Harga Bawang Merah Tiba-Tiba Meroket

Artikel ini disadur dari Pedagang Teriak Harga Bawang Merah ‘Meledak’, Tembus Rp 80.000/Kg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *