Ketua Area Kehormatan DPP PDI-P Tegaskan Jokowi kemudian Gibran Tak Lagi Kader

Ketua Area Kehormatan DPP PDI-P Tegaskan Jokowi kemudian Gibran Tak Lagi Kader

JAKARTA. Ketua Sektor Kehormatan DPP PDI-P Komarudin Watubun mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lagi berubah jadi bagian dari PDI-P.

Hal itu ia komunikasikan pada waktu ditanya status Jokowi sebagai kader PDI-P setelahnya Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak permohonan kubu pasangan calon presiden dan juga duta presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Adapun sikap Presiden Jokowi selama Pilpres 2024 dinilai berbeda dengan partai yang mana membesarkannya itu.

Jokowi diduga kuat mengupayakan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka yang dimaksud berubah menjadi calon delegasi presiden nomor urut 2 dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

“Ah, pemukim (Jokowi) sudah ada dalam sebelah sana, bagaimana mau dibilang bagian masih dari PDI Perjuangan? yang benar saja,” kata Komarudin ditemui pada Kantor DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Awal Minggu (22/4/2024).

Selain Jokowi, Gibran juga ditegaskan tak lagi menjadi kader PDI-P.

Menurut Komarudin, langkah partai mencoret Gibran sebagai kader sudah ada berlaku sejak resmi berubah menjadi calon perwakilan presiden Prabowo Subianto.

“Gibran itu sudah ada bukanlah kader partai lagi, saya telah bilang sejak beliau (Gibran) ambil putusan itu (jadi cawapres Prabowo),” ujar anggota Komisi II DPR RI ini.

Kendati demikian, Komarudin enggan mengungkapkan ketika ini terkait langkah kebijakan pemerintah PDI-P terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan. Komarudin disinggung apakah PDI-P akan bergabung pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

“PDI Perjuangan itu setiap sikap terhadap koalisi kemudian tidak koalisi itu ada sikap-sikap yang mana dari dulu kita ada hitung-hitungannya. Dan saya kira itu telah disampaikan itu tindakan Ketua Umum lah nanti kita lihat,” pungkasnya.

Adapun tensi urusan politik antara Jokowi kemudian PDI-P memanas pasca Gibran menjadi calon delegasi presiden yang digunakan tidaklah diusung partai banteng moncong putih.

Gibran, putra sulung Presiden Jokowi itu berubah menjadi cawapres nomor urut 2, mendampingi capres Prabowo Subianto. Presiden Jokowi digadang membantu pencalonan putranya itu.

Artikel ini telah lama tayang ke Kompas.com dengan judul “Komarudin Watubun Tegaskan Jokowi dan juga Gibran Tak Lagi Kader PDI-P”



Artikel ini disadur dari Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI-P Tegaskan Jokowi dan Gibran Tak Lagi Kader

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *